Penyebab Terjadinya Kanker Tulang

Seperti yang kita ketahui, bahwa tulang memiliki peranan yang sangat penting yakni sebagai penyangga tubuh yang terbuat dari komponen yang berbentuk protein. Lalu, bagaimana jika tulang terkena kanker ?

Tentunya kondisi tersebut akan sangat berbahaya sekali, apalagi jika tidak segera mendapatkan penanganan dan pengobatan. Namun, tahukah anda apa yang menyebabkan terjadinya kanker tulang tersebut ?

Disini kami akan memberikan anda informasi terkait penyebab terjadinya kanker tulang, silakan simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Terjadinya Kanker Tulang

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kanker tulang ini merupakan tumor ganas pada tulang yang dapat menghancurkan jaringan tulang yang normal.

Namun tidak semua tumor itu ganas, bahkan tumor yang jinak lebih banyak daripada yang ganas (kanker). Bedanya, tumor jinak hanya tumbuh membesar dan menekan tulang yang sehat serta jaringan disekitarnya, sedangkan kanker tulang akan merusak struktur tulang, dapat menyebar dan mengancam nyawa.

Gejala kanker tulang

  • Seseorang akan merasakan nyeri pada tulang, dan rasa nyeri akan meningkat saat bergerak.
  • Daerah sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan
  • Tulang yang terkena kanker akan mengalami kerapuhan. Bahkan jika sudah parah, jatuh ringan saja akan membuat tulang menjadi patah.

Selain itu, ada beberapa gejala lain, seperti rasa kebas dan mati rasa saat kanker di tulang belakang menekan persarafan, muncul benjolan pada tulang, tubuh terasa lelah, penurunan berat badan, demam di atas suhu 38˚C dan berkeringat terutama pada malam hari.

Penyebab Terjadinya Kanker Tulang

Penyebab pasti kanker tulang ini belum diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA pengendali pertumbuhan sel sehingga menjadikannya terus tumbuh diluar kendali.

Penumpukan sel-sel ini kemudian membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang :

  1. Faktor Usia

Faktor usia memiliki pengaruh terhadap kemungkinan terjadinya jenis kanker tulang tertentu. Sebagai contoh :

  • Osteosarcoma : jenis kanker tulang ini paling sering terjadi pada remaja dengan usia kurang dari 20 tahun. Kanker ini sepertinya terkait dengan pertumbuhan tulang selama masa pubertas.
  • Sarkoma Ewing : kanker tulang ini biasanya berkembang pada remaja dengan kisaran usia antara 10 sampai 20 tahun. Namun, anak-anak dan orang dewasa juga memungkinkan untuk terkena kanker tulang tersebut.
  • Chondrosarcomas dan Spindle cell sarcomas : kedua jenis kanker tulang ini cenderung terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 35 tahun sampai 40 tahun.
  • Chordoma : penyakit kanker tulang yang paling sering terjadi pada orang dewasa dengan usia lebih dari 60 tahun.
  1. Penyakit Tulang Lainnya

Faktor penyebab kanker tulang selanjutnya yaitu pernah menderita penyakit tulang lainnya, seperti :

  • Penyakit Paget : Jika anda memiliki riwayat penyakit paget pada tulang, maka anda berisiko lebih tinggi terkena osteosarkoma. Hal tersebut sering terjadi pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun.
  • Chondroma atau osteochondrama : Jika anda pernah menderita tumor tulang non kanker (jinak) yang disebut chondroma atau osteochondroma, maka anda berisiko tinggi terkena kanker tulang chondrosarcoma.
  • Penyakit Ollier : penyakit langka yang ditandai dengan pertumbuhan tulang abnormal ini juga meningkatkan risiko pengembangan chondrosarcoma. Penderita penyakit Ollier mengembangkan banyak tumor non kanker (jinak) di tulang mereka.
  • Sindrom Maffuci : merupakan kondisi medis yang mirip dengan penyakit Ollier. Penderita Sindrom Maffuci memiliki tumor non kanker di tulang mereka dan juga tulang tetap terbentuk normal.
  1. Faktor genetik

Faktor genetik merupakan faktor yang sering dikaitkan sebagai penyebab kanker tulang. Beberapa faktor genetik terkait dengan kanker tulang yaitu :

  • Sindrom Li-Fraumeni : merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh kesalahan gen yang diwarisi oleh orang tua. Jika anda memiliki sindrom Li-Fraumeni, maka anda memiliki risiko lebih besar terkena kanker tulang dan beberapa jenis kanker lainnya.
  • Retinoblastoma herediter : merupakan jenis kanker mata yang juga disebabkan kesalahan gen yang diwarisi secara turun temurun. Anak-anak yang mengidap kelainan gen tersebut akan lebih mudah terkena kanker tulang osteosarcoma
  • Hereditary multiple exostoses (HME) : kelainan genetik yang langka ini dapat meningkatkan risiko pengembangan chondrosarcoma di kemudian hari.
  • Neurofibromatosis : merupakan penyakit genetik dimana tumor non-kanker (jinak) terbentuk di saraf pada lapisan bawah kulit dan di bagian tubuh lainnya. Beberapa penelitian menunjukan hal ini meningkatkan risiko terkena sarkoma tulang.
  1. Tinggi dan Berat Badan

Jika anda memiliki berat berlebih (obesitas), maka anda memiliki risiko lebih tinggi terkena osteosarcoma daripada orang dengan berat badan ideal. Selain itu, orang yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata usianya, maka memiliki risiko yang lebih besar terkena osteosarcoma dibandingkan dengan orang yang tinggi badannya normal.

  1. Bayi lahir dengan penyakit Hernia

Bayi lahir dengan penyakit Hernia umbilical memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena sarkoma Ewing. Hernia umbilical adalah adanya penonjolan organ dalam perut dalam pusar yang disebabkan oleh kelemahan otot pada daerah tersebut. Ketika di dalam rahim, Embrio tumbuh dengan berbagai faktor penyebab hernia umbilikalis, biasanya faktor tersebut juga mempengaruhi pengembangan sarkoma Ewing.

Nah itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kanker tulang pada seseorang. Jika anda terdiagnosa mengidap kanker tulang, ada baiknya segera lakukan penanganan dan pengobatan yang tepat agar dampak buruk akibat penyakit ini bisa anda hindari.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

WALATRA ZEDORIL 7


Apapun Jenis Penyakit Kanker Yang Anda Derita, Walatra Zedoril 7 Obatnya !

Penyebab Terjadinya Kanker Tulang

Walatra Zedoril 7 ( WZ-HE ) ,- Obat Kanker Asli Indonesia Yang Terbuat Dari 100% Bahan-Bahan Herbal Alami Yakni Berupa : Ekstrak Kulit Manggis, Ekstrak Daun Sirsak dan Ekstrak Daun Sirih Merah.

BACA ULASANNYA

1 Trackback / Pingback

  1. Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya | OBAT KANKER TULANG ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*