Mengenal Kanker Tulang Pada Anak Sejak Dini

Mengenal Kanker Tulang Pada Anak Sejak Dini

Banyak yang mengira bahwa kanker tulang hanya dapat  dialami oleh orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan jika kanker tulang terjadi pada anak-anak, maka untuk itu sangatlah penting untuk anda Mengenal Kanker Tulang Pada Anak Sejak Dini agar anda bisa lebih waspada terhadap penyakit ini.Mengenal Kanker Tulang Pada Anak Sejak Dini

Kanker tulang adalah tumor ganas yang berawal dari dalam tulang, walaupun tidak semua tumor pada tulang bersifat ganas. Penyakit ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel tulang yang tidak normal. Kanker tulang dapat menyerang seluruh tulang di dalam tubuh. Akan tetapi dalam banyak kasus, tulang kaki dan lengan yang paling banyak terkena.

Kanker tulang terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Kanker tulang primer. Muncul dan tumbuh pertama kali di jaringan tulang.
  2. Kanker tulang sekunder. Kanker yang muncul akibat penyebaran dari kanker lain yag sebelumnya sudah terjadi. Misalnya kanker usus, kanker paru-paru, atau kanker payudara yang kemudian menyebar ke tulang. Kondisi ini disebut kanker metasis atau kanker yang menyebar.

Baca Juga : 9 Gejala Kanker Tulang Belakang Paling Berbahaya

Penyebab Kanker Tulang Pada Anak

Faktanya, sampai saat ini penyebab kanker tulang belum ditemukan. Namun, para ahli menduga bahwa penyakit ini terjadi karena adanya kesalahan dalam melakukan replikasi DNA pada sel tulang.

Ketika DNA yang terbentuk salah satu abnormal, hal ini mengakibatkan sel tulang berkembang secara tidak terkendali dan tumbuh dalam jumlah banyak. Sel-sel tulang yang tidak terkendali tersebut berkumpul menjadi sebuah tumor ganas yang dapat melakukan penyebaran ke jaringan-jaringan lainnya.

Gejala Kanker Tulang Pada Anak

  1. Rasa Sakit

Setiap anak yang menderita berbagai bentuk kanker tulang akan mengeluhkan rasa sakit yang menetap. Rasa sakit akan berkembang di tulang yang terkena dan menjalar hingga ke area persendian. Dan rasa sakit ini tidak mudah hilang begitu saja. Oleh karena itu, segera periksakan jika buah hati mengalami rasa sakit yang tidak wajar.

  1. Pembengkakan

Gejala umum kedua adalah munculnya pembengkakan atau benjolan di area yang terkena kanker tulang ini. Jika anada mengalami pembengkakan secara tiba-tiba, maka anda harus berhati-hati.

  1. Pincang

Ketika tumor berkembang jadi lebih ganas, anak akan mengalami kepincangan. Terutama jika tumor ini tumbuh di kaki. Anda harus lebih waspada dengan gejala ini karena biasanya gejala ini sering dianggap remeh oleh para orang tua.

  1. Sulit bergerak

Jika sebelumnya anda bergerak dalam keadaan normal. Namun, tiba-tiba mengalami kesulitan bergerak yang mencurigakan? Segera berkonsultasi dengan tim dokter.

  1. Tulang rapuh

Pembentukan tumor ganas di tulang atau jaringan lunak di sekitar bisa membuat tulang rapuh. Apalagi pada jenis kanker metastatik yang bisa membuat tulang pecah atau patah.

  1. Demam

Anak-anak sering mengalami demam. Namun jika demam ini muncul tanpa alasan yang jelas dan berlangsung lama, bisa jadi ini adalah gejala awal dari kanker tulang.

  1. Kelelahan

Tumbuhnya kanker sering membuat si penderita kelelahan. Sebabnya, sel kanker akan menyerap energi yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.

  1. Berat badan berkurang

Mereka yang terdampak kanker sering mengalami penurunan berat badan tanpa alasan jelas. begitu pula dengan kanker tulang akan memberikan dampak menurunnya berat badan.

  1. Anemia

Anemia menjadi gejala awal lainnya dari kanker tulang. Hal ini terjadi karena sel kanker akan menyebabkan pendarahan jaringan secara internal dan membuat hemoglobin menurun.

Berbagai gejala kanker tulang pada anak di atas sangat mirip dengan masalah kesehatan lainnya, maka segera konsultasikan ke dokter bila anak Anda terus mengeluh kesehatannya belakangan ini.

Faktor-faktor risiko kanker tulang pada anak

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anak terkena kanker tulang :

  • Genetik. Genetik merupakan penyebab kanker tulang yang sangat jarang ada di dalam kasus kanker tulang primer. Namun, orang yang memiliki gen atau riwayat kanker mata dan Li-Fraumeni syndrome memiliki kemungkinan untuk mengalami kanker tulang.
  • Penyakit tulang Paget. Penyakit ini adalah kondisi pre-kanker yang jinak. Penyakit Paget mengganggu proses daur ulang dalam tubuh yang normal, di mana jaringan tulang baru perlahan menempati jaringan tulang lama. Sepanjang waktu, penyakit dapat menyebabkan tulang yang terpengaruh menjadi rapuh. Penyakit Paget lebih umum pada orang dewasa, terutama di atas 50 tahun.
  • Paparan Radiasi. Radiasi dan beberapa obat kemoterapi dapat meningkatkan risiko terkena kanker di tulang, contohnya pengobatan dengan alkylating agents.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya !

Post by : Obat Kanker Tulang Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Gejala Kanker Tulang Pada Anak-anak Yang Perlu Diwaspadai | OBAT KANKER TULANG ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*