Gejala Radang Usus Yang Tidak Anda Sadari

Gejala Radang Usus Yang Tidak Anda Sadari ,- Hampir sebagian besar penderita radang usus tidak menyadari bahwa dirinya kini tengah menderita penyakit tersebut, hal tersebut karena penyakit ini perlu waktu bertahun-tahun untuk memperoleh diagnosis.

Gejala Radang Usus Yang Tidak Anda Sadari

Radang usus adalah kondisi di mana usus mengalami inflamasi atau peradangan. Radang usus sendiri seringkali digunakan untuk menjelaskan dua jenis penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Kedua kondisi ini diakibatkan oleh peradangan kronis pada bagian gastrointestinal (sistem pencernaan). Kondisi ini muncul karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat.

Kolitis ulseratif adalah peradangan kronis yang terbatas pada usus besar atau kolon saja. Sedangkan penyakit Crohn adalah peradangan yang bisa terjadi di seluruh sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga anus.

Selain itu, terdapat dua kondisi lain yang terkait dengan radang usus, yaitu kolitis collagenus dan kolitis limfosistik. Kedua kondisi ini lebih dikenal dengan istilah kolitis mikroskopik. Keduanya adalah jenis radang usus yang cukup langka.

Penyebab Radang Usus Yang Perlu Di Waspadai

Hingga kini, radang usus belum diketahui penyebab dasarnya. Pola makan dan tingkat stres seseorang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita radang usus, tapi keduanya bukanlah menjadi penyebab utama radang usus.

Yang diketahui adalah malfungsi sistem kekebalan tubuh menyebabkan peradangan. Namun belum diketahui apa penyebab kekeliruan sistem imun tubuh.

Selain itu, faktor keturunan juga diduga memiliki pengaruh pada munculnya radang usus. Risiko seseorang akan lebih tinggi apabila ada keluarga dekat yang menderita radang usus. Berikut ini beberapa faktor lain yang turut meningkatkan risiko anda menderita radang usus.

  • Usia. Kebanyakan orang didiagnosis mengidap radang usus sebelum usia 30 tahun. Namun ada juga yang mengalami penyakit ini setelah mereka menginjak usia 50 atau 60 tahunan.
  • Keturunan. Faktor keturunan bisa meningkatkan risiko radang usus. Jika orang tua anda, anak, atau saudara kandung pernah mengidap penyakit ini, anda juga berpotensi mengalaminya.
  • Merokok. Kegiatan ini sangat meningkatkan risiko terkena penyakit Crohn.
  • Tempat tinggal. Jika anda tinggal di wilayah kumuh atau daerah padat industri, anda wajib mewaspadai kemungkinan munculnya radang usus. Sebab faktor lingkungan sangat memengaruhi penyakit ini.
  • Pengobatan isotretinoin. Isotretinion (amnesteem, claravis, sotret/accutane) adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Sejumlah penelitian menyebut isotretinoin bisa menyebabkan radang usus. Namun hubungan antara keduanya masih terus diteliti.
  • Obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Beberapa obat-obatan dalam kelompok OAINS bisa meningkatkan risiko mengalami radang usus, misalnya ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan lainnya.
  • Ras. Di beberapa wilayah di dunia, jenis ras dan warna kulit turut memengaruhi kehadiran radang usus. Menurut penelitian, orang berkulit putih memiliki risiko mengidap radang usus yang lebih besar dibanding orang berkulit hitam.

Gejala Radang Usus Yang Tidak Anda Sadari

Jangan terkecoh dengan gejala radang usus ini. Ciri-ciri radang usus memang terlihat ringan. Namun, sebaiknya waspadai ciri-ciri radang usus berikut ini :

  1. Diare

Ciri radang usus yang paling sering terjadi adalah diare. Diare biasanya muncul di awal, ketika virus, parasit atau bakteri mulai menginfeksi pencernaan. Infeksi tersebut membuat usus tidak mampu lagi menahan air yang keluar, sehingga anda mengalami diare.

  1. Demam

Gejala radang usus lainnya adalah demam. Demam umumnya terjadi ketika tubuh mendeteksi adanya zat asing yang menyerang, entah itu parasit, virus, atau bakteri. Ketika itu, sel darah putih meningkat dan membuat tubuh meningkatkan suhu normalnya, hingga akhirnya timbul demam.

  1. Berat badan turun drastis

Ketika anda diare dan kehilangan banyak cairan, maka berat badan juga turun. Pasalnya, air merupakan komposisi terbesar tubuh, sehingga jika jumlahnya menurun akan memengaruhi berat badan. Penurunan berat badan juga dapat disebabkan karena usus tak mampu menyerap nutrisi dengan baik.

  1. Nafsu makan berkurang

Ketika diare, perut sakit, dan pencernaan tidak terasa nyaman, anda mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan. Ciri radang usus ini juga dapat terjadi akibat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Pasalnya, beberapa nutrisi seperti mineral magnesium dan zink berperan dalam mengatur nafsu makan.

  1. BAB berdarah

Jika kondisi radang usus anda sudah parah, maka gejala yang akan timbul adalah BAB berdarah. Darah yang keluar dari tinja menandakan bahwa ada luka di dalam saluran pencernaan yang disebabkan oleh radang.

Jika tidak diketahui dan ditangani dengan cepat, penyakit ini akan menjadi kronis dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, maka untuk itu jangan pernah anggap sepele keluhan penyakit yang satu ini.

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mengobati radang usus adalah dengan rutin mengkonsumsi Obat Radang Usus Alami dari Gamat Emas Kapsul.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjadi jalan kesembnuhan bagi penyakit yang anda derita saat ini. Terimakasih atas kunjungannya & SEMOGA LEKAS SEMBUH !

1 Trackback / Pingback

  1. Jangan Abaikan 4 Jenis Radang Usus Ini | OBAT KANKER TULANG ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*