Gejala Kanker Tulang Pada Anak-anak Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Kanker Tulang Pada Anak-anak Yang Perlu Diwaspadai ,- Banyak orang mengira bahwa kanker tulang hanya akan menyerang orang dewasa saja, namun tidak menutup kemungkinan jika kanke tulang juga bisa menyerang anak-anak.

Gejala Kanker Tulang Pada Anak-anak Yang Perlu Diwaspadai

Kanker tulang merupakan tumor ganas yang berawal di dalam tulang, walaupun tidak semua tumor pada tulang bersifat ganas. Penyakit ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel tulang yang tidak normal. Kanker tulang dapat menyerang seluruh tulang di dalam tubuh. Akan tetapi dalam banyak kasus, tulang kaki dan lengan yang paling banyak terkena.

Kanker tulang terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Kanker tulang primer. Muncul dan tumbuh pertama kali di jaringan tulang.
  2. Kanker tulang sekunder. Kanker yang muncul akibat penyebaran dari kanker lain yang sebelumnya sudah terjadi. Misalnya kanker usus, kanker paru-paru, atau kanker payudara yang kemudian menyebar ke tulang. Kondisi ini disebut kanker metastasis atau kanker yang menyebar.

Jenis-jenis kanker tulang

Berikut beberapa jenis kanker tulang yang paling umum :

  • Osteosarcoma. Jenis kanker primer yang sering terjadi pada anak-anak dan remaja, kanker tulang jenis ini juga lebih sering ditemukan pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Sel kanker pada osteosarcoma biasanya tumbuh pada tulang-tulang panjang, seperti pada tulang kering, paha, dan lengan.

  • Chondrosarcoma Sel kanker tumbuh pada tulang-tulang rawan yang menjadi penghubung antar tulang atau yang melapisi tulang. Kanker tulang jenis ini sering terjadi pada kelompok usia lanjut, yaitu di atas usia 40 tahun dan hanya 5 persen kasus yang terjadi pada usia kurang dari 20 tahun.

Sel kanker chondrosarcoma dapat tumbuh sangat agresif atau malah tumbuh sangat lambat. Lokasi yang sering terkena penyakit ini yaitu di tulang bagian pinggul, pangkal paha, kaki atas dan bahu.

  • Ewing Sarcoma Family of Tumors (ESFT). Sel kanker tumbuh pada tulang-tulang rawan yang menjadi penghubung antar tulang atau yang melapisi tulang.

Kanker tulang jenis ini sering terjadi pada kelompok usia lanjut, yaitu di atas usia 40 tahun dan hanya 5% kasus yang terjadi pada usia kurang dari 20 tahun.

Sel kanker chondrosarcoma dapat tumbuh sangat agresif atau malah tumbuh sangat lambat. Lokasi yang sering terkena penyakit ini yaitu di tulang bagian pinggul dan pangkal paha.

  • Fibrosarcoma. Adalah tipe kanker tulang yang jarang muncul terjadi pada lutut bagian belakang pada usia dewasa.
  • Chordoma. Kanker tulang ini sangat jarang terjadi, dan jika terjadi, biasanya dialami oleh orang yang sudah beusia di atas 30 tahun. Sel kanker chordoma sering ditemukan di tulang belakang bagian bawah atau atas.

Gejala Kanker Tulang Pada Anak-anak Yang Perlu Diwaspadai

  1. Tulang terasa sakit atau nyeri

Tanda paling awal dan paling umum yang mungkin menunjukan bahwa sel kanker telah menyerang tulang adalah rasa nyeri di area tulang sasarannya. Misalnya, osteosarcoma biasanya menyerang tulang kering, tulang paha, dan tulang lengan. Sementara itu, ewing sarcoma lebih sering menyerang tulang belakang, panggul, kaki, dan tangan.

Awalnya anak mungkin hanya mengeluhkan ngilu tulang yang rasanya mirip pegal-pegal usai berolahraga atau linu setelah melakukan aktivitas berat lainnya. Lambat laun rasa nyerinya akan makin bertambah parah meski sudah minum obat pereda nyeri dan istirahat.

  1. Muncul benjolan di tulang

Selain rasa nyeri di satu bagian yang spesifik, perhatikan pula apakah ada pembengkakan atau benjolan di area tersebut. Benjolan akibat kanker yang muncul di kaki atau tangan mungkin akan lebih mudah dilihat. Sebaliknya, benjolan kanker yang tumbuh di panggul akan lebih sulit untuk dideteksi sampai telah berukuran cukup besar.

Benjolan kanker tulang bisa disalahartikan sebagai benjol memar karena terbentur benda keras, tapi jika tidak kunjung sembuh setelah diobati bisa jadi ini merupakan gejala kanker tulang pada anak.

  1. Kesulitan berjalan

Sel kanker yang telah jauh berkembang akan menyulitkan anak untuk berjalan normal sehingga membuatnya tampak pincang. Dalam beberapa kasus, tulang cenderung lebih lemah bahkan rentan patah. Ini akibat dari ganasnya sel-sel kanker yang telah melemahkan fungsi tulang.

  1. Gejala lain

Selain beberapa gejala di atas, perhatikan gejala lain yang dapat muncul secara bersamaan. Meliputi tubuh anak demam tanpa alasan jelas, kelelahan parah, hingga berat badan kian menurun.

Baca juga : Mengenal Kanker Tulang Pada Anak Sejak Dini

Berbagai gejala kanker tulang pada anak bisa sangat mirip dengan masalah kesehatan lainnya, maka segera konsultasikan ke dokter bila anak Anda terus mengeluhkan kesehatannya belakangan ini.

Nah itulah informasi terkait gejala kanker tulang pada anak-anak yang perlu diwaspadai, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

Post by : Obat Kanker Tulang Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*