Apakah Mungkin Kanker Tulang Muncul Lagi Meski Sudah Amputasi?

Apakah Mungkin Kanker Tulang Muncul Lagi Meski Sudah Amputasi ? Dimana pertanyaan semacam ini banyak sekali dilontarkan oleh para penderita kanker tulang.

Penasaran, ingin tahu apa jawaban dari pertanyaan diatas ? Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan mentimak artikel di bawah ini.Apakah Mungkin Kanker Tulang Muncul Lagi Meski Sudah Amputasi?

Sekilas mengenai Kanker Tulang

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Seluruh tulang di dalam tubuh bisa terserang oleh penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan lengan.

Kanker tulang terbagi menjadi dua jenis kanker tulang, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Dinamakan kanker tulang primer bilamana kanker tersebut muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke tulang-tulang.

Penyebab kanker tulang

Penyebab secara pasti kanker tulang ini belum diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi dalam struktur DNA pengendali pertumbuhan sel sehingga menjadikannya terus tumbuh di luar kendali.

Penumpukan sel-sel ini kemudian membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang :

  • Paparan radiasi tinggi dari suatu pengobatan yang pernah dialami penderita, misalnya radioterapi.
  • Pernah memiliki riwayat suatu jenis kanker mata yang disebut retinoblastoma saat kecil.
  • Menderita sindroma Li-Fraumeni, sebuah kondisi genetika yang langka
  • Menderita penyakit Paget, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan melemahnya tulang.
  • Menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.

Apakah Mungkin Kanker Tulang Muncul Lagi Meski Sudah Amputasi?

Amputasi adalah salah satu jenis operasi yang bertujuan untuk menghilangkan bagian tubuh yang terkena penyakit tersebut. Hal ini yang dilakukan dokter ketika menghadapi kanker tulang yang sudah tidak lagi ditemukan pada stadium awal.

Dilakukannya amputasi ini untuk memutus jalan penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Lantas, apakah setelah diamputasi sel kanker sudah hilang sepenuhnya? Sebenarnya, membunuh sel kanker tidak semudah dan sesederhana itu.

Pasalnya, sel kanker memiliki sifat yang sulit untuk dihentikan pertumbuhannya sehingga satu jenis pengobatan saja tidak cukup untuk mengobati kanker tulang. Apalagi jika kanker ditemukan sudah stadium lanjut.

Amputasi hanyalah satu dari sekian jenis pengobatan kanker dan mungkin hanya membunuh bagian sel kanker. Sementara, masih ada sisa-sisa sel kanker dalam jaringan tulang yang harus dihilangkan. Dalam beberapa kasus, kanker tulang kambuh setelah operasi karena :

  • Masih ada jaringan sel kanker yang tersisa karena jaringan sel kanker yang sulit untuk diangkat.
  • Beberapa sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh.

Oleh karena itu, anda membutuhkan pengobatan lainnya seperti kemoterapi ataupun radioterapi. Hal ini tergantung dengan masing-masing kebutuhan pasien dan dokter yang akan memutuskannya. Jadi, bila setelah amputasi anda tidak melanjutkan pengobatan kanker, besar kemungkinan kanker tulang akan kembali dan akan semakin parah.


Dalam upaya pengobatan kanker tulang yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan mengkonsumsi obat herbal dan harus mengatur pola hidup sehat agar proses penyembuhan penyakit ini bisa berjalan lancar dan maksimal.

Nah itulah sekilas artikel yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjadi jawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya !

1 Trackback / Pingback

  1. Kanker Tulang Belakang | OBAT KANKER TULANG ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*